in Aktifitas, Berita, Penyiaran

KPID Sulsel Minta Lembaga Penyiaran Netral di Pilkada

Poto bersama KPID Sulsel

Poto bersama pimpinan lembaga penyiaran Kabupaten Pinrang bersama Ketua KPID Sulawesi Selatan dan Kepala Dinas Kominfo Pinrang usai pertemuan tatap muka.

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan (KPID Sulsel) mengingatkan seluruh lembaga penyiaran di Sulawesi Selatan untuk berlaku netral dalam proses Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada tahun 2018, hal ini termasuk dalam setiap tahapannya.Netral dalam hal ini adalah memberikan kesempatan dan porsi yang sama bagi semua kandidat peserta pilkada serentak untuk menggunakan jasa lembaga penyiaran selama masa kampanye berlangsung.

Demikian disampaikan Ketua KPID Sulawesi Selatan, Mattewakkan, di hadapan para pimpinan lembaga penyiaran se Kabupaten Pinrang dalam rangka kunjungan kerja KPID Sulsel di kabupaten tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 18 Juli 2017 di aula Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Pinrang .

Mattewakkan menekankan soal kaidah iklan kampanye sesuai peraturan bahwa durasi iklan kampanye televisi per hari yaitu 10 spot iklan, maksimal 30 detik. Sementara untuk radio 10 spot iklan dengan maksimal 60 detik,” kata Mattewakkan.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pinrang, Zainal Hafied, ini juga dihadiri oleh para staf dan pejabat di jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Pinrang.

Kesempatan ini juga digunakan oleh KPID Sulsel untuk melakukan sosialisasi mekanisme perijinan penyelenggaraan penyiaran yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran, Hasrul Hasan, yang menjelaskan proses perijinan sesuai Permen Kominfo No. 18 Tahun 2016, dan materi yang disampaikan oleh anggota Bidang Kelembagaan, Arie Andyka, tentang pengawasan isi siaran di KPID Sulsel sesuai Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Usai bertatap muka dengan para pimpinan lembaga penyiaran se Kabupaten Pinrang, rombongan KPID Sulsel bersama Kepala Dinas Kominfo Pinrang meninjau studio baru LPPL Radio Suara Bumi Lasinrang FM yang terletak di Jalan Bintang No. 1 Pinrang tak jauh dari Kantor Dinas Kominfo Pinrang.