in Aktifitas, Berita

Sosialisasi Keterbukaan Informasi di Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan

Sebagai salah satu komitmen Komisi Informasi Sulawesi Selatan (KIP Sulsel) untuk untuk mewujudkan perguruan tinggi yang kredibel dan transparan di Sulawesi Selatan maka KIP Sulsel mengadakan kegiatan Sosialisasi Undang-undang No. 14 Tahun 2004 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Grand Imawan Makassar pada hari Senin, 26 Mei 2014.

Dalam sambutannya Ketua KIP Sulsel, Drs. H. Aswar Hasan, M.Si, mengatakan bahwa diperlukan dukungan birokrasi yang memahami prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi agar bisa menjadi sebuah lembaga yang kredibel dan akuntabel dalam melaksanakan program pendidikan nasional.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa perguruan tinggi merupakan garda terdepan dalam perubahan sosial sebuah bangsa, termasuk mengubah mindset masyarakat dari bersifat tertutup terhadap informasi publik menjadi terbuka terhadap informasi publik.

Sosialisasi keterbukaan informasi yang bertema mewujudkan perguran tinggi yang transparan dan terbuka di Sulawesi Selatan tersebut menghadirkan narasumber dari para komisoner Komisi Informasi Sulawesi Selatan, seperti: Rayudaswati Budi, S.Sos, M.Si, Drs. Hidayat Nahwi Rasul dan Mattewakkan, S.IP serta hadir pula Dr. H. M. Iqbal Sultan, M.Si (pakar ilmu komunikasi dari Universitas Hasanuddin) yang mengulas posisi perguran tinggi dalam iklim keterbukaan informasi terutama di Sulawesi Selatan.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga mengundang seluruh perguruan tinggi negeri baik dari unsur birokrasi maupun organisasi kemahasiswaan yang ada di Sulawesi Selatan.

Write a Comment

Comment